Harga Kambing Boer Dan Manfaat Kambing Pedaging Ini - Purworejo Murah

Kambing boer merupakan jenis kambing pedaging yang terkenal di kalangan peternak di seluruh Indonesia. Namun Kambing Boer ini bukan berasal dari Indonesia melainkan asli dari Afrika Selatan. Nama Boer sendiri berasal dari bahasa Belanda yang berarti petani. Ini karena peternak Belanda awalnya memelihara hewan Boer di Afrika Selatan. Kambing ini sangat terkenal karena sifatnya yang ramah dan humoris. Penampilannya seperti kambing yang siap menghadapi musuh. Ukuran dan kekuatan tubuhnya membuatnya tampak seperti kambing besar. Mamalia ini sangat jinak, aman saat berada di dekat anak-anak, dan sangat mudah dirawat. Daya tahan tubuh yang kuat membuat kambing ini sangat tahan terhadap penyakit. Kambing Boer mampu bertahan pada suhu yang sangat dingin, termasuk suhu -24 derajat Celcius dan suhu yang sangat panas hingga 42 derajat Celcius dan oleh karena itu sangat cocok untuk diternakkan di semua wilayah.

 

Kambing Boer ini mudah dikenali karena ciri khasnya. Diawali dengan bentuk tubuh yang besar, lebar dan panjang yang semuanya tertutup bulu dan kulit berwarna putih. Kambing ini memiliki keunikan pada kepalanya yang identik dengan warna coklat kemerahan, telinga yang panjang menggantung, dan hidung yang memanjang. Kambing Boer ini memiliki kaki yang panjang. Bulu yang berwarna coklat dan kulit di kepala berperan melindungi kepala dari panasnya radiasi sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit karena salah satu ciri kambing Boer adalah suka berjemur dan bermain di padang rumput yang luas. Dipercaya bahwa kambing Boer termasuk hewan yang dapat bertahan dalam kondisi apapun, pandai beradaptasi dengan segala kondisi termasuk pegunungan berbatu atau di hutan belukar dan padang rumput. Makanan kesukaan kambing Boer adalah daun-daunan.

 

Kambing Boer jantan memiliki tubuh fisik yang kokoh dan kekar, dari bahu hingga punggung yang dipenuhi otot dan daging. Sebagai indukan yang unggul, kambing Boer merupakan keturunan yang unggul. Kambing Boer berpotensi kawin antara 30-40 betina dan dapat kawin setiap bulan. Jantan mulai aktif kawin sekitar umur 7-8 bulan. Oleh karena itu, peredaran garis keturunan mereka sangat cepat. Selain itu, Kambing Boer betina di bagian kepala dan leher lebih ramping. Orang tua perempuan superior dapat dinikahkan pada usia 10-12 bulan, berdasarkan berat badan mereka. masa kehamilan adalah lima bulan. Dalam waktu 2 tahun induk betina bisa melahirkan hingga tiga kali. Selama hidupnya, diperkirakan dia bisa melahirkan 6 sampai 12 kali karena masa produktifnya bisa antara 5 sampai 8 tahun.

 

Harga kambing boer bisa dibilang cukup mahal. Harga satu ekor kambing boer dewasa bisa mencapai Rp. 9 juta menjadi Rp. 12 juta untuk usia antara 1 tahun sampai 2 tahun. Sangat menarik bagi anda yang ingin memulai usaha peternakan kambing. Memang kambing Boer selalu dibeli karena jumlah daging yang dimilikinya lebih banyak dari kambing kebanyakan. Raja Daging adalah istilah yang harus diberikan kepada kambing Boer. Harga bervariasi sesuai dengan kualitas jenis kambing pedaging tersebut.

 

Selama musim Qurban Kambing Boer sangat diminati saat Qurban. Kambing Boer seri F sangat diminati oleh kalangan tertentu untuk produksi qurban karena daging yang mereka dapatkan sangat banyak dan Kambing Boer merupakan salah satu jenis kambing yang paling diminati untuk dijadikan kurban. Pada musim Kurban, harga kambing jantan Boer F2 bisa mencapai Rp. 12 juta per ekor. Itu harga yang sangat mahal untuk kambing pedaging umumnya. Daging yang berasal dari kambing ini bisa mencapai 40-50% dari bobot tubuhnya.

 

Selain itu, fungsi utama dari peternakan Kambing Boer adalah untuk produksi daging, untuk memenuhi kebutuhan daging di pasar. Permintaan kambing Boer selalu ada karena jumlah dan kualitas dagingnya sangat disukai konsumen. Kambing Boer sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang ingin memulai usaha peternakan kambing yang fokus pada produksi daging untuk memilih Kambing Boer untuk dikembangbiakkan. Hasil ini menghasilkan putaran cepat dan nilai jual tinggi.

 

Kambing Boer memiliki struktur tubuh unik yang memanjang. Peternak mana yang tidak tertarik berbisnis kambing boer? Terutama dalam hal perawatan serta penyediaan asupan pakan yang dapat mempercepat penggemukan kambing Boer. Beternak kambing Boer terbilang mudah hanya perlu memperhatikan jumlah pakan dan kesehatan lingkungan. Perkembangan kambing Boer terbilang cepat karena baru berumur sekitar 5-6 bulan. Ini telah meningkat menjadi 35 hingga 45 kilogram.

Comments

Popular posts from this blog

Pagar Beton Unicon Jawa Tengah: Desain Unik

Modern Minimalis Atap Unik Desain Rumah Kecil

Jelajahi Jasa Pendirian PT Surabaya Terpopuler